Senin, 21 Oktober 2013

pendahuluan etika sebagai tinjauan


GAMBARAN UMUM ETIKA

Etika dalam pengertian umum adalah sebuah sikap yang menentukan sisi negatif maupun sisi positif dalam dari dalam diri manusia yang akan meberikan standar nilai moral. Dalam etika tersendiri dapat diketahui perilaku baik buruk dalam diri manusia.
Etika dimulai dari manusia merefelesiakan unsur-unsur etis dala pendapat-pendapat sepontan kita,kebutuahan akan refelesi itu akan kita akan rasakan, antara lain akan pendapat etis ketika tidak jarang kita berbeda pendapat deengan orang lain.

PERINSIP ETIKA
Perinsip yang menjalankan kerjasama yang memberikan pedomanan bagai mana saling menghargai dalam satu lingkungan dengan perbedaaan yang ada seperti perbedaanagama, budaya,suku,tingkat pendidikan, dan sosial ekonomi. Dalam menegenal etiaka, ada beberapa perinsip etika yang harus diketahui.
·         Kesopanan.
Kesopanan adalah salah satu perinsip etika yang sagat harus dijujunjug dalam sebuah hubungan sosial dalam ruang lingkup masayarakat maupun ruang lingkup sosial secara umum.biasanya dalam ruang lingkup masayarakat secara umum orang yang tidak mempunyai kesopanaan hanya dapat sangsi-sangsi sosial semata. Dan tidak ada aturan yg melangar aturan kesopanan mendapatkan sangsi hukum.
·         Moral.
Moral adalah suatu peganagan atau nilai nilai yang harus ada terkandung atau tertanam didalam diri sendri dalam mengatur tingkah lakunya. Moral sendiri sangat lah sentral pernanaya dalam ruang lingkup masyarakat untuk mengetahui sikap yang baik atau buruk seseorang, oleh sebat itu moral sagat idientik dengan kejiwaan, apabila orang tidak memeliki moral yang baik, masayarakat biasanya mensugesti bahwa seseorang tersebut memiliki ganguan mental dalm hidupnya. Dan sangsi moral berhubungan erat dengan hukum, dikarenakan dalam etika moral biasanya bnayak tingkah laku yang menyimpang dari nilai-nilai kewajaran dalam kehidupan msayarakat, kecendrungan orang yang tidak memeliki moral perilakaunya agak menyimpang kesifat yg negatif seperti berperilaku keriminal.

BASIS TEORI ETIKA
1. Etika Teknologi
Dari kata yunani, telos = tujuan mengukur baik buruknya suatu tindakan bedasrakan tujuan yang ma dicapai dengan tindakan itu, atau bedasarakan akibat yang ditimbulkan oleh akibat itu.
Dua aliran etiak teknologi :
Ø  Egoisme Etis
Ø  Utilarisme

·            Egoisme Etis
Inti pandangan egoisme adalah bahwa tindakan dari setiap orang pada dasarnya  bertujuan untuk mengejar pribadi dan memajukan diri sendirinya. Satu-satunya tujuan tindakan moral setiap orang adalah mengajar kepentingan peribadi dan memajukan dirinya. Egoisme ini baru menjadi persoalan serius ketika ia cendrung menjadi hidonistis, yaitu ketiak kebahagian dan kepentingan pribadi diterjemahkan semata-semata sebagai kenikmatan fisik yang bersifat fulgar.

·            Utilarisme
Bersal dari bahas latin utilis yang berarti mamfaat, menurut tioeri ini suatu perbuatan adalah baik jika membawa mamfaat, tapi mamfaat itu harus menyangkut bkan saja satu duan orang, akan tetapi mencakup secara luas maupun secara umum. Bisa diartiak ultarisme melakukaan maafaat bagi seseorang maupung bagi masayarakat yang secara luas.
2. Deontologi
Deontologi bisa diartiakan kewajiban. Mmengapa perbuatan ini  baik dan perbuatan itu buruk. Karena perbuatan pertama menjadi kewajiban kita dan karena perbuatan kedua dilarang. Yang menjadi dasar baik buruk perbuatan adalah kewajiban. Pendekatan deontologi sudah diterima dalam konteks agama.
3. Tiori Hak
Dalam pemikiran moral dewasa ini barangkali tieori hak ini adalah pendekatan yang paling banyak dipakai untuk mengevaluasi baik buruknya tingkah laku atau perbuatan yang telah dilakukakan. Dalam tiori ini hak dan kewajiban  salah satu instrumen yang berkaiatan dan sulit dipisahkan, hak didasarkan atas martabat  manusia dan martabat semua manusia itu sama. Karena itu hak sangat cocok dengan suasana pemikiran yang demokeratis.
EGOISME
Egiosme merupakan motivasi untuk memperthaankan dan menigkatkan pandangan yang hanya menguntungkan dirisendiri. Egoisme sendri bisa diartikan menempatkan diri dari tengah satu tujuan serta tidak peduli dengan penderitaan orang lain, termaksud orang yang dicitai maupun orang yang disayangi dan orang terdekat sekalipun.

sumber:
http://id.wikipedia.org/w/index.php?search=pendahuluan+etika+sebagai+tinjauan&title=Istimewa%3APencarian
http://lailayunita.wordpress.com/2013/04/19/prinsip-prinsip-etika-profesi-humas/
http://nienaalgysta.blogspot.com/2013/10/tugas-1-gambaran-umum-etika-pengertian.html 
http://id.wikipedia.org/wiki/Egoisme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar