Minggu, 13 Februari 2011

"sistem ekonomi indonesia"

Indonesia mengunakan sitem ekonomi demokerasi . Perlu kita ketahui sistem ekonomi indonesia di landasi idialis sitem ekonomi indonesia adalah pancasila uud 1945.

Maka sistem ekonomi Indonesia yaitu:
1. Sistem ekonomi yang berorientasi kepada Ketuhanan Yang Maha Esa (berlakunya etika dan moral keagamaan, bukan materialisme).
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab (tidak mengenal pemerasan atau eksploitasi).
3. Persatuan Indonesia (berlakunya kebersamaan, asas kekeluargaan, sosio- nasionalisme dan sosio-demokrasi dalam ekonomi).
4. Kerakyatan (mengutamakan kehidupan ekonomi rakyuat dan hajat hidup orang banyak).
5. serta Keadilan Sosial (persamaan/emansipasi, kemakmuran masyarakat yang utama bukan kemakmuran orang-seorang).

linkhttp://gammaz77.blogspot.com/2010/03/sistem-ekonomi-indonesia.html

Namun dalam perjalanan negara indonesia . Indonesia banyak kendala dalam sistem ekonominya. Dalam masa orde baru indonesia mempunya cerita kusus dalam sistem ekonominya. pada saat itu pemerintahan yang di pimpin oleh soeharto, perekonomian indonesia tumbuh dari GDP per kapita $70 menjadi lebih dari $1.000 pada 1996. Melalui kebijakan moneter dan keuangan yang ketat. Dan dalam masa itu indonesia menguna sistem ekonomi anggaran bimbang. Yang di mana pada masa itu anggaran pembangunan indonesia di dapat dari bantuan asing. memang sempat diakui para banyak analisis indonesia sebagai negara yang berkembang dalam bidang industri, akan tetapi bukan rahasia umum lagi, bahwa dalam penerapan sistem ekonomi anggaran bimbang itu.

Indonesia mempunyai banyak hutang di luar negeri, apalagi di perparah pada masi itu indonesia banyak sekali korupsi. Yang membuat negara indonesia mengalami gejolak ekonomi yang cukup besar atau bisa di bilang kerisis moniter, hingga telah sampailah kerusuhan 1998 pada masa itu masrakat mengiginkan revolusi pada negara indonesia. Dan terjadi kerusuhan yang cukup besara pada saat itu dan membuat para invektor enggan menanamkan investasi nya di indonesia. Hal ini membuat keadaan indonisia pada masa iyu menambah parah. Namun pada seiring waktu indonisia terus berbenah kususnya dalam bidang sistem perekonomianya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar