Sabtu, 28 Desember 2013

Rumah Kaki Seribu


Rumah kaki seribu

Rumah kaki seribu adalah rumah adat suku afrak kabupaten manuk wari, tepatnya terletak di geogerafis papua barat. Saat ini rumah kaki seribu sudah  jarang yang mengunakanya, dikarenakan banyak penduduk saat ini sudah banyak beralih kerumah yang lebih moderen. Seharusnya perintah daerah harus melesetariakan dan di konservasi.
Rumah suku afrak ini bisa dinamakan rumah kaki seribu, karena rumah ini di tunjang oleh penunjang kayu yang sagat banyak, konon menurut cerita warga suku afrak dinamakanya rumah kaki seribu karena saking bnyaknya dan sulit dihitung penunjang rumah makanya dibilang kaki seribu.
Rumah kaki seribu suku afrak hampir sama dengan rumah panggung pada umumnya rumah pangung di daerah-daerah lain. Akan tetapi yang mebedakan adalah rumah suku afrak lebih unik, dengan dinding rumah yang terbuat dari kulit pohon butska, dan atapnya yang terbuat dari tumpukan daun pandan serta lantainya yang terbuat dari batang bambu. Dan yang lebih unik  lagi rumah kaki seribu milik suku afrat, hanya memiliki dua pintu depan dan belakang serta tidak memiliki jendela
Tapi sayang banyaak dari suku afrak sekarang yang telah meningalkan rumah kaki seribu dengan rumah yang lebih moderen yaitu rumah yang telah terbuat dari semen dan pasir genteng dll. Padahal rumah kaki seribu bukanlah sekedar rumah singga atau rumah yang berfungsi untuk berteduh dari panas dan hujan, melaikan ruamah kaki seribu adalah merupakan simbol  dari suku afrak dan simbol dari kekayaan alam tanah papua tepatnya papua barat, rumah kaki seribu ini  harus dapat dilestarikan untuk menjaga kelestarian rumah adat suku afrak manuk wari papua barat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar