Jumat, 15 Oktober 2010

sistem prekonomian





                     



                       SISTEM PEREKONOMIAN
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya .

PENDAHULUAN
setiap Negara pasti mempunyai sistem perekonomian. Tetapi setiap Negara juga pasti berbeda-beda menerapkan sistem perekonomiannya.
sistem perekonomian tidak bakal lepas dari peran atau campur tangan pemerintahan suatu Negara,karena pemerintah sangat berperan dalam sistem perekonomian untuk mengambil sebuah keputusan maupun kebijakan dalam bidang ekonomi.

ASAL USUL EKONOMI
kata ekonomi sendiri berasal dari bahasa yunani, Ya itu eko berarti mengatur, nomos rumah tangga. bisa di simpulkan berarti ekonomi adalah kegiatan yang menyangkut dan mengatur urusan harta .







                                                                                                                                                            

3 CIRI PEREKONOAMIAN


1.perekonomian terencana
perekonomian terencana terbagi dua sistem. Yaitu komonisme dan      sosialisme  komunisme adalah yang mengharuskan  pemerintah memliki  faktor –faktor peroduksi. Akan tetapi faktor-faktor peroduksi yang di miliki pemerintah,hanyalah bersifat sementara. Ketika perekonomian rakyak mulai terkendali dan makmur pemerintah akan memberikan hak rakyatnya atas faktor-faktor peroduksi itu kepada parah buruh.
sistem perekonomian terencana ini hanya di anut oleh Negara-negara yang menganut sistem pemerintahan komunis
berikut nama Negara yang menganut sistem perekonomian terencana.
1.unisoviet
2.RRC
3.kuba
   4.korea utara
   5.vietnam

2.perekonomian pasar
    perekonomian pasa sangat tergantung akan  kapitalisme dan liberalisme hal  tersebut di gunakan untuk membuat lingkungan di mana di dalamnya perodusen dan konsumen bebas mebeli dan menjual barangnya dalam batas harga tertentu. Sebagai akibat mekanisme peraturan penawaran-permintaan yang telah berlaku.

3.perekonomian pasar campuran
   adalah gabungan dari sitem perekonomian pasar dan perekonomian terencana
tetapi tidak ada satupun Negara yang menganut system ini. Di karenakan sistem perekonomian ini sangat tidak terkontrol atau tidak ada batasan. dalam bidang pemasaran dan distribusinya  terhadap umur pada konsumenya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar